Rabu, 3 Maret 2021

Wisata Pulau Tidung di Kepulauan Seribu


Wisata pulau tidung di Kepulauan Seribu tujuan wisata favorite di Jakarta. Pemandangan yang  indah dengan aktivitas seru yang disuguhkan, kawasan Kepulauan Seribu Selatan, dengan luas wilayah sekitar 107 Hektar dan memiliki jumlah penduduk kurang lebih sebanyak 5000 jiwa dari 1200 Kepala Keluarga.


Pulau Tidung menaungi 6 Pulau kecil yang berada disekitar nya yaitu :

  1. Pulau Tidung Besar
  2. Pulau Tidung Kecil
  3. Pulau Payung Besar
  4. Pulau Payung Kecil
  5. Pulau Karang Beras
  6. Pulau Laki

Dari ke enam pulau yang berada dibawah naungan Kelurahan Pulau Tidung, hanya Pulau Tidung Besar dan Pulau Payung besar yang merupakan pulau berpenghuni.

.Menuju ke Pulau Tidung
Untuk dapat menuju Pulau Tidung kita harus menggunakan transportasi laut. Ada dua jenis kapal yang dapat kita gunakan agar dapat sampai di Pulau Tidung yaitu kapal Ferry Tradisonal dan Kapal Cepat (Speed Boat).
finroll pulau tidung2

Setidaknya ada dua dermaga yang disediakan untuk dapat sampai ke Pulau Tidung dari Jakarta, yaitu :
– Dermaga Kali Adem bila ingin menggunakan Kapal Ferry
– Dermaga Marina Ancol bila ingin menggunakan Kapal Cepat atau Speed Boat

Kapal Ferry, adalah kapal kayu berukuran besar dengan jumlah penumpang 150 hingga 200 kepala yang diberangkatkan dari Dermaga Muara Angke – Kali Adem. Tarif per kepala : 86.000 dengan jarak tempuh 2,5 jam dan jadwal keberangakatan pukul 7.00 – 7.30 WIB

Kapal Cepat, adalah kapal berukuran sedang bermesin empat dengan jumlah penumpang 30 hingga 45 orang sekali jalan, yang diberangkatkan tiap pagi dari Dermaga Marina Ancol. Tarif per kepala : 450.000, dengan jarak tempuh 1 jam, jadwal pukul 08.00 WIB.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan mengapa Pulau Tidung layak dijadikan destinasi wisata dalam mengisi masa liburan.

  • Lokasi nya relative cukup dekat bila di Jangkau dari kota Jakarta
  • Fasilitas dan sarana public di Pulau Tidung sudah cukup memadai
  • Biaya wisata yang dibutuhkan untuk liburan di Pulau Tidung relative hemat
  • Tersedia cukup banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan
  • Penduduk nya ramah dan bersahabat
  • Pemandangan bawah laut yang masih terjaga ke alamian nya
  • Sangat banyak spot photo indah yang di jumpai di Pulau Tidung
  • Telah tersedia ATM bila kehabisa dana tunai
  • Dan masih banyak pertimbangan lain yang menjadi alasan untuk mengisi liburan di Pulau Tidung.

Aktivitas Wisata Menarik di Pulau Tidung


Menikmati pemandangan pantai, merasakan segarnya tiupan angin laut, menikmati ombak kecil dipinggir pantai Pulau Tidung, dan masih banyak lagi hal santai lain nya dapat dilakukan di Pulau ini. Namun bagi anda yang membutuhkan aktivitas seru sebagai pengisi liburan, ada beberapa aktivitas menarik yang dapat dinikmati selama berada di Pulau Tidung.

Jelajah Pulau Tidung Besar Dengan Sepeda

Sebagai satu alat transportasi utama di Pulau Tidung selain sepeda motor, sepeda adalah salah satu ciri khas wisata di Pulau Tidung. Selain itu tentu saja sepeda mempermudah para wisatawan untuk menjangkau spot-spot menarik yang terdapat di pulau yang memiliki panjang sekitar 5 kilometer ini .

Keindahan Bawah Laut lewat Aktivitas Snorkeling
Biota lautnya yang beragam akan membuat para pecinta snorkeling betah berlama-lama bermain dengan ikan kecil sambil menikmati keindahan terumbu karang yang ada di sekitar Pulau Tidung.

Keseruan Aktivitas Water Sport
Ada banyak jenis permainan yang bisa kita ikuti disini seperti banana boat, water sofa, donuts boat, canoe, angsa laut, jetski, dan masih banyak lagi. Dengan biaya berkisar di 25.000 hingga 50.000 kita akan puas mengikuti bermacam permainan air di Pulau Tidung.

Jembatan Cinta Pulau Tidung
Jembatan Cinta Pulau Tidung adalah jembatan sepanjang 800 meter ini juga sebagai ikon dari Pulau Tidung. Jembatan Cinta juga menjadi spot terbaik menyambut sunrise. Cukup banyak warung atau café kecil disekitar Jembatan Cinta yang bisa kita manfaatkan untuk tempat istirahat menikmati pemandangan kearah laut sambil menikmati minuman dan makanan ringan.
finroll pulau tidung1

Sunset di Tanjung Barat
Tanjung Barat Pulau Tidung adalah lokasi terbaik menikmati keindahan terbenamnya Matahari di Pulau Tidung. Saung Perawan. Kedua saung ini adalah lokasi terbaik menunggu tenggelam nya Matahari sambil menikmati hidangan air Kelapa Muda.

indonesia mining mineral recovery exhibition 2021

Sumber : tourdejava.net

BACAAN TERKAIT