Senin, 15 Juli 2019

5 Wisata Alam Jogjakarta yang Indahya Ga Ketulungan


Kota Yogyakarta menawarkan beragam pilihan rekreasi menarik, salah satunya wisata alam. Dan tempat wisata alam di Jogja pun tak hanya kumpulan pantai pantai indah seperti wisata alam Gunung kidul, tapi juga ada jenis lainnya yang akan kita bahas di sini.

Pemandangan alam yang ditawarkan Provinsi DIY hampir dibilang komplit. Karena kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dari titik terbaik, berjalan di hutan bambu yang rimbun, atau berfoto di spot yang instagramable banget.

Pokoknya nggak bakalan nyesel kalau berkunjung ke wisata alam di Jogja deh. Gimana tertarik mengunjungi tempat tempat itu?

Kalau iya, simak terus artikel yang satu ini. Karena lewat artikel ini kamu tak hanya bisa mendapat referensi objek turisme mana yang asyik dikunjungi, tapi juga bisa mendapat info tentang tiket masuk juga, lho.

Tempat Wisata Alam di Jogja

Kalau selama ini di Yogyakarta kamu cuma sibuk muter muter Malioboro dan sekitarnya, sekarang coba ganti suasana deh. Coba kunjungi wisata wisata asyik yang berikut ini ya.

1. Bukit Panguk Kediwung

Pernahkah kamu mendengar tentang negeri di atas awan? bila mendengar kata tersebut, ada dua hal yang akan muncul di benak orang. Pertama yaitu judul lagu, yang kedua khayalan tingkat tinggi.

Tapi di Kota Pelajar, khayalan tersebut bisa menjadi nyata. Dan kamu bisa menjadi bagian yang menjadikannya nyata kalau berkunjung ke wisata alam Bantul ini. Cobalah datang ke Bukit Pangguk Kediwung yang terletak di Dusun Kediwung.

Di tempat itu terdapat kabut yang luar biasa pekat. Nah uniknya, bila berdiri di salah gardu pandang yang menjorok dengan tebing, kamu akan terlihat sedang berdiri di atas awan.

Jababeka industrial Estate

Apalagi bila kamu melakukan kegiatan tersebut bersamaan dengan waktu tenggelamnya matahari atau lembayung, mulut kamu pasti melongo melihat keindahan pemandangan yang ada di depan mata.

Banyak sekali orang orang yang menjadikannya sebagai wisata dengan spot foto indah. Karena hasilnya tak hanya indah, namun juga sangat unik dan luar biasa cantik. Penasaran? Langsung datang saja.

2. Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon

Kalau kamu termasuk orang yang takut ketinggian, jangan khawatir. Masih banyak tempat wisata di Jogja yang tak membuat kamu berdiri bergidik, seperti misal Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon.

Mungkin agak aneh ya kalau harus berwisata ke hutan. Namun, tidak untuk objek ini. Disini kamu akan akan disuguhi pemandangan tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Sebenarnya tempat ini sudah dibangun sejak 1989. Namun, baru terkenalnya baru baru ini karena kekuatan media sosial.

Pohon pohon disusun berjejer rapi serta tak lupa dihiasi dengan jembatan bambu yang berfungsi sebagai alas untuk berjalan di hutan ini. Alami dan unik pokoknya tempat wisata di Joja terbaru ini.

Kalau kamu ingin mengunjunginya, jangan segan segan untuk datang ke Dusun Pasir Mendit Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Lebih tepatnya sih tempat ini berada di sisi Sungai Bogowonto.

Oiya, sembari menikmati hijaunya pohon, kamu juga bisa sekalian olahraga lo. Karena tempat ini juga dilengkapi dengan jogging track. Wuuh, enaknya bisa olahraga sambil cuci mata.

3. Hutan Pinus Mangunan

Masih berbicara tentang hutan nih. Ternyata tempat wisata alam di Jogja punya banyak banget aset malam yang cantik cantik, salah satunya Hutan Pinus Mangunan ini.

Hutan yang terletak di kecamatan Dlingo ini cocok banget untuk spot foto. Baik itu foto selfie, wefie bahkan pre-wedding. Tiket masuknya gratis, namun khusus untuk foto pre-wedding, akan dikenakan biaya khusus yakni sekitar Rp50.000

Namun harga tersebut pastinya akan setara dengan hasil jepretan yang didapat. Bahkan hasilnya akan terlihat lebih mahal dari harga yang harus dibayar. Tak heran bila tempat ini selalu menjadi rujukan pasangan pasangan yang akan menikah untuk foto pre-wedding.

Ada banyak pohon pinus yang tersusun rapi dan dihiasi dengan bangku bangku kayu alami. Pokoknya, berkunjung ke tempat wisata alam di Jogja ini berasa kayak di serial drama Korea deh.

Kalau tertarik, segera saja kunjungi wisata alam Bantul ini. Untuk rutenya, kamu bisa menuju ke Jalan Imogiri Timur. Lalu kalau udah sampai ke Makam Raja di Imogiri, langsung aja ambil arah pertigaan yang menuju Hutan Mangunan.

4. Air Terjun Kedung Pedut

Berenang di kolam renang mah sudah biasa, tapi kalau renang di kolam renang alam yang gede dan super seger gimana rasanya ya? Wuih pasti seru banget. Dan ini yang kamu bakal rasain kalau datang ke Air Terjun Kedung Pedut.

Destinasi rekreasi yang terletak di Kabupaten Kulon Progo ini memang tergolong baru. Tempat ini baru dibuka tahun 2015. Walaupun tergolong objek piknik baru, tapi popularitasnya sebagai destinasi piknik sudah tinggi.

Selain kolam renang raksasa, kamu bisa menikmati indahnya air terjun Kedung Pedut yang unik. Kenapa unik?

Karena terdapat dua warna air di wisata air terjun ini. Dari atas air terjun, kamu akan melihat airnya berwarna putih jernih. Namun, begitu sampai dibawah, ia akan berwarna biru tosca.

Di sisi lain tempat wisata ini, dibangun juga jembatan, pancuran bambu dan gardu pandang buat mereka yang lagi enggak pengen main air. Pokoknya komplit banget deh disini.

5. Kalibiru

Terlalu sibuk dengan gadget modern membuat kita lupa kalau kita punya alam yang indah. Dan pergi ke tempat wisata alam di Jogja di Kalibiru adalah langkah tepat untuk mengingatkan kita akan indahnya alam.

Tempat wisata alam di Jogja ini cukup unik karena kamu bisa menikmati indahnya alam tidak melalui teropong, tapi pohon pinus yang menjulang tinggi ke langit. Dan di atas sana, terdapat menara pandang dari kayu.

Dari menara pandang itu, kamu bisa menikmati indahnya Pegunungan Menoreh atau beningnya Waduk Sermo. Belum lagi, kalau kamu naik ke menara pandang pas lagu sunset, uh langsung baper deh.

Nah mumpung kondisi alam lagi bagus bagusnya, perlu difoto nih. Dan untuk foto, destinasi ini menyediakan berbagai spot yang oke banget, yaitu ada spot foto panggung, foto bundar dan high rope game. Itu adalah jenis menara pandang yang akan digunakan untuk tempat berfoto.

Untuk spot foto panggung dan foto bundar akan dikenakan biaya tambahan masing masing Rp15.000. Dan untuk high rope game akan dikenakan biaya Rp35.000.

BACAAN TERKAIT