[gtranslate]

6 Destinasi Desa yang Bikin Kamu Ogah Pulang

  • Share
6 Destinasi Desa yang Bikin Kamu Ogah Pulang

melimpahnya keanekaragaman alam serta budaya yang ada di Indonesia tak perlu dielakkan lagi. Ada begitu banyak destinasi yang dapat dikunjungi baik itu sekedar untuk menikmati keindahan alamnya saja atau juga disertai dengan menikmati serta memahami budaya dari masing-masing daerah.

Nah, buat kamu yang cinta banget akan budaya Indonesia dan ingin lebih dekat dengan budaya dari masing-masing daerah, berikut adalah 10 destinasi desa yang wajib banget dikunjungi agar kamu dapat lebih berbaur dengan berbagai macam budaya di Indonesia.

1. Desa Penglipuran

6 Destinasi Desa yang Bikin Kamu Ogah Pulang

Penglipuran merupakan desa adat di Bali dengan tradisi dan budaya Bali yang masih kental. Desa ini merupakan desa yang sangat terkenal sebagai desa wisata, bukan hanya di dalam negeri tapi juga terkenal sampai ke luar negeri. Ada beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di desa ini. Diantaranya yaitu kompleks perumahan khas Bali yang memiliki gapura, pura-pura kecil, dan hutan bambu yang sangat asri. Selain desa ini bebas dari sampah dan polusi, desa ini juga memiliki udara yang sejuk.

2. Desa Kete Kesu Tana Toraja

Toraja dikenal dengan adat budayanya yang masih kuno peninggalan zaman megalithikum. Jika kamu ingin pengalaman yang berbeda dan berbumbu mistis, kamu bisa mengunjungi tempat ini. Daya tarik tradisi kematiannya yang mewah dan unik membuat banyak orang ingin menyaksikannya secara langsung. Selain itu, bangunannya yang sangat khas yaitu tongkonan dan seninya yang berbeda menjadi daya tarik lain yang patut untuk dinikmati.

3. Desa Madobak

Desa Madobak

Tak hanya pantai yang indah dengan ombak yang memikat, desa yang terletak di pedalaman Mentawai ini juga menyimpan pesona yang luar biasa. Penduduk desa Madobak memiliki gaya hidup yang unik dan masih sangat tradisional. Mereka hidup didalam rumah kayu yang dinamakan uma. Kebiasaan penduduk yang membuat tato pada tubuh mereka masih ada sampai sekarang, meskipun tidak seperti dulu.

4. Desa Wairebo

Desa yang terletak pada ketinggian 1200 meter ini sangat terkenal dikalangan turis asing karena alam dan rumah adatnya yang dinamakan Mbaru Niang. Desa ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan diselimuti kabut sehingga dijuluki negeri diatas awan. Kearifan lokalnya masih terjaga dan cara hidupnya masih berdampingan dengan alam. Kamu yang hobi berpetualang dan tantangan sangat cocok untuk mengunjungi desa ini.

5. Desa Tarung

Desa Tarung merupakan sebuah perkampungan adat dari suku loli di Sumba Barat. Dibandingkan desa lain yang jauh dari perkotaan, desa Tarung malah dekat dengan pusat kota. Meskipun begitu, mereka tetap berupaya untuk mempertahankan tradisi dan kepercayaannya. Salah satu keunikan dari desa Tarung adalah tatanan desanya yang menarik dengan rumah-rumah adat yang disebut uma. Jika kamu ingin berkunjung kesini, kamu harus meminta izin dulu pada pemuka adat suku loli.

6. Desa Baduy

Suku Baduy nerupakan suku pedalaman Banten yang masih mempertahankan cara hidup, adat, tradisi dan terisolir dari dunia luar. Orang Baduy menolak hasil dari kemajuan teknologi. Semua yang mereka gunakan murni dari alam dan mereka juga hidup masih berdampingan dengan alam. Desa Baduy sangat alami, asri , dan masih hijau. Berbeda dengan desa lain di jawa barat yang sudah rawan dengan polusi.

Itu dia beberapa desa di Indonesia yang wajib banget dikunjungi bagi kamu yang ingin lebih dekat dengan berbagai macam budaya yang ada di Indonesia. Jadi, desa mana nih yang sudah atau mau kamu kunjungi?

  • Share

Leave a Reply

-->