[gtranslate]

7 Destinasi Sumba yang Bisa Bikin Manja Mata, Hati dan Pikiran

  • Share

Pulau Sumba layaknya permata tersembunyi Indonesia di Nusa Tenggara Timur. Berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, membuat alam Sumba indah tiada tara. Yang semula hanya terkenal di kalangan para peselancar mancanegara, kini warga Indonesia pun mulai berbondong-bondong berlibur ke Pulau Sumba.

1. Pantai Mbawana

Pantai Bwanna (baca: Banna) sebuah surga tersembunyi pertama yang terletak di Sumba Barat Daya. Dibilang tersembunyi karena lokasinya yang terpencil. Untuk menuju ke pantai ini, butuh paling tidak 2 jam perjalanan darat menggunakan mobil dari Bandar Udara Tambolaka. Tak hanya itu, untuk menemui keindahan alamnya, harus melewati jalanan menurun yang menantang.

Pantai Bwanna terkenal dengan lubang besar layaknya gerbang berbentuk setengah lingkaran yang berada di tengah tebing bebatuan. Uniknya, lubang itu bukan buatan manusia, tetapi terbentuk karena kikisan ombak laut.

2. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding terletak di Sumba Timur, untuk mencapainya menghabiskan waktu kurang lebih 3-4 jam dari pusat Sumba Timur. Meskipun lama, tenang saja di sepanjang perjalanan, akan disuguhkan keindahan alam Sumba yang memanjakan mata. Jangan sampai tidur, lho!

Dua hal yang tidak boleh dilewatkan dari Bukit Wairinding, yaitu matahari tenggelam (sunset) dan matahari terbit (sunrise). Pemandangan matahari yang tenggelam di hamparan bukit dan padang rumput sungguh indah. Apalagi melihat matahari yang malu-malu menampakkan sinarnya pada dunia.

3. Pantai Mandorak


Pantai Mandorak merupakan pantai pasir putih di Sumba Barat yang masih tersembunyi, karena sepi dan jauh dari keramaian sehingga inilah destinasi yang cocok untuk mencari ketenangan.

Untuk menjangkau Pantai Mandorak, harus melalui perjalanan darat sekitar 42 kilometer dari kota Tambolaka. Penginapan di pantai ini juga murah dan terjangkau. Tentunya, pemandangan alam yang eksotis akan membuatmu tak ingin beranjak.

4. Pantai Tarimbang

 

Yang selanjutnya adalah Pantai Tarimbang yang terletak di Sumba Timur. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air lautnya jernih dan memiliki warna gradasi yang indah dari hijau toska hingga warna biru laut.

Pesisir Tarimbang masih alami, semakin ke tengah air lautnya akan semakin biru, sementara air laut yang bibir pantai berwarna hijau toska. Keindahan ini pasti membuatmu betah berlama-lama di pantai meski hanya sekadar berjemur atau bermain air.

5. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri ini berlokasi sekitar 25 km dari pusat kota Waingapu, Sumba Timur. Pantai Walakiri ini sangat indah dan juga tenang. Pengunjung dapat menikmati Walakiri saat air laut surut, saat itu pengunjung bisa berjalan cukup jauh dari tepi pantai.

Walakiri juga memiliki hutan bakau yang unik, hingga dijuluki dancing mangroove yang artinya tanaman mangrove yang menari. Pastinya merupakan objek foto yang menarik!

6. Danau Weekuri

Danau Weekuri berlokasi di Kodi Utara, Sumba Barat Daya. Danau Weekuri memiliki keunikan yaitu airnya adalah air asin. Ini dikarenakan Danau Weekuri yang sebetulnya adalah laguna yang terbentuk dari air laut Sumba.

Air di danau ini sangat jernih berwarna hijau kebiru-biruan. Dipadu dengan pesisir danau yang segar, keindahan ini membuat siapapun ingin segera melompat ke dalam danau. Tapi pengunjung berhati-hati, karena di danau ini banyak bulu babi yang bahaya. Jadi harus berhati-hati untuk tak menginjaknya.

7. Bukit Tanarara – Matawai Lapau

Bukit Tanarara terletakk di Sumba Timur. Landscape Bukit Tanarara ini sangat unik juga luas. Perbukitan Tanarara tersusun dari bukit karang yang gersang dan hamparan rumput. Uniknya, saat kemarau rumput di bukit ini akan berwarna coklat ke emasan yang indah. Namun, disaat musim penghujan berwarna hijau yang menyegarkan.

Adapun akses jalan yang terletak di punggung bukit. Dari atas punggung bukit inilah pengunjung dapat melihat pemandangan Bukit Tanarara yang luar biasa. Jangan lewatkan pula sunset dan sunrise-nya!

Baiklah, itu dia ke-7 destinasi bak surga di Pulau Sumba yang wajib dikunjungi untuk liburan. Dijamin worth it karena benar-benar indah!

 

  • Share

Leave a Reply

-->