Jumat, 9 November 2018

7 Tampang Objek Wisata Boyolali yang Bikin Liburanmu Berkesan


Finroll.com – Boyolali adalah suatu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan luas 1.015,10 km2 dan memiliki populasi penduduk yang cukup padat.

Boyolali terkenal dengan sebutan kota susu, hal ini dikarenakan produk susu di Boyolali adalah yang terbesar di Jawa Tengah. Tidak hanya itu Boyolali juga terkenal dengan penghasil sayuran yang dikenal dengan kualitasnya yang bagus, khususnya di kawasan Cempago dan selo.

Selain susu dan sayuran, Boyolali juga memiliki destinasi wisata yang unik menarik untuk dikunjungi. Redaksi Finroll sudah merangkum 10 wisata Boyolali yang wajib dikunjungi bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

1. Tracking Gunung Merbabu Jalur Selo

Wisata Boyolali

Gunung Merbabu terletak di jawa tengah dengan ketinggian 3.142M dpl pada puncak Kenteng Songo. Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “babu” yang berarti wanita. Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah: kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo.

Terdapat 2 buah puncak yakni puncak Syarif (3119m) dan puncak Kenteng Songo (3142m). Puncak Gn.Merbabu dapat ditempuh dari Cunthel, Thekelan, (Kopeng / Salatiga) Wekas (Kaponan / Magelang) atau dari selo (Boyolali). Perjalanan akan sangat menarik bila Anda berangkat dari jalur Utara (Wekas, Cunthel, Thekelan) turun kembali lewat jalur selatan (Selo).

2. Candi Lawang

Wisata Boyolali

Boyolali juga menawarkan wisata sejarah salah satunya Candi Lawang. Candi ini merupakan peninggalan Hindu abad ke-9. Wisata Candi Lawang di Cepogo Boyolali Jawa Tengah memiliki udara yang masih alami dan sejuk sehingga pengunjung yang datang merasakan kedamaaian hati setelah melewati hari-hari yang sibuk. lokasi terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Timur, Indonesia.

Jababeka industrial Estate

3. Wisata Sapi Perah Cepogo

Wisata Boyolali

 

Di Cepogo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah dekat kota Solo, terdapat agrowisata yang cukup menarik dan pantas dikunjungi, termasuk untuk tujuan edukasi. Namanya adalah Agrowisata Sapi Perah Cepogo.

Wisata Boyolali
source soloraya

Agrowisata ini mempunyai daya tarik yang tinggi. Lokasinya yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut sangat cocok untuk jalan-jalan, Wisatawan bisa langsung melihat ke peternakan sapi perah, belajar bagaimana sapi perah ini dipelihara, memberi makan kepada sapi-sapi tersebut serta melihat langsung bagaimana cara memerah susu sapi dan juga bisa langsung meminum jika ingin mencoba.

4. Kampung Air Kragilan

Wisata Boyolali

Objek wisata ini menawarkan pesona alami sungai yang beradu dengan konsep kekinian. Lokasi Kampung Air ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Boyolali yaitu hanya sekitar 5 km. Aliran air sungainya sangat jernih dan sejuk menjadi daya pikat tersendiri untuk mendatangi Wisata Alam Kampoeng Air ini. Air terjun alami yang berukuran kecil menambah keindahan dari Kampoeng Air.

Wisata Boyolali

Lokasi Terletak di Desa Watu Genuk, Kelurahan Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.

5. Bukit Gancik

Wisata Boyolali

Boyolali juga tak mau ketinggalan dengan destinasi wisata yang lagi hits untuk stok instagram, salah satunya adalah kebun raya Indrokilo Boyolali dan Bukit Gancik Selo Boyolali yang memiliki view pemandangan alam menakjubkan, memiliki beberapa spot foto kece dan harga tiket masuk sangat terjangkau. Sehingga cocok bagi teman-teman memiliki kegemaran mendatangi objek wisata murah tapi berkualitas.

6. Museum R. Hamong Wardoyo

Wisata Boyolali

Kabupaten Boyolali memiliki museum yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh siapa saja. Pelajar, mahasiswa, keluarga harus menyempatkan diri mampir ke museum yang terletak di Jalan Raya Boyolali- Solo, Tegalwire, Mojosongo ini. Museum yang namanya diambil dari salah satu nama Bupati Boyolali terdahulu ini sudah menjadi ikon baru di Kota Susu. Bahkan museum itu didesain dengan inspirasi dari Museum Louvre di Paris, Prancis.

Wisata Boyolali

Meskipun tergolong baru, museum yang didirikan di lahan bekas Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Boyolali ini sudah mulai memiliki banyak peminat. Terbukti dari daftar isian buku tamu yang hampir tiap hari terisi oleh tanda tangan pengunjung dari berbagai wilayah. Menurut Penjaga Museum R Hamong Wardoyo, Sutrisno, hampir setiap hari baik hari libur maupun hari aktif museum mendapatkan kunjungan.

Koleksi museum pun sudah dapat dikatakan banyak meliputi sejumlah arca dan benda purbakala lain yang ditemukan di wilayah Kabupaten Boyolali. Ada juga koleksi kereta kencana, harimau sumatera, alat-alat pertanian tradisional, foto-foto bupati Boyolali terdahulu, pusaka peninggalan Paku Buwono X, serta koleksi lain yang berada di lantai satu museum.

7. Wisata Kedung Koro

Wisata Boyolali

Wisata Nusantara Kedung Goro Wonosegoro adalah satu diantara destinasi di boyolali yang saat ini cukup popular serta banyak diburu beberapa wisatawan

Wisata Boyolali

wisata ini menyuguhkan satu kolam renang alam yang diperlengkapi dengan panorama hijau pohon-pohon serta bebatuan yang membentang disepanjang sungai yang dapat membuat eksotisme alam yang begitu memanjakan mata. Dengan letaknya yang cukup terpencil bikin situasi di tempat ini cukup tenang serta dapat merelaxsasi fikiran, tidak sedikit wisatawan yang menyebutnya surga yang tersembunyi di boyolali.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT