[gtranslate]

Renovasi Gedung Juang Bekasi, Ada Bungker Rahasia Sepanjang 500 Meter

  • Share

Finroll.com  – Gedung Juang Bekasi menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Bekasi, Jawa Barat. Bangunan yang didirikan pada 1906 itu terletak di Jalan Sultan Hasanudin, Setiadarman, Tambun Selatan, Bekasi.

Mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan Gedung Juang Bekasi ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang seharusnya dirawat dengan baik. Rencananya gedung tersebut akan dipugar dan memuat semua informasi tentang sejarah Bekasi.

“Siapa orang pertama di Bekasi, kerajaan apa saja yang pernah ada di Bekasi, bagaimana pertumbuhan dari zaman ke zaman setelah merdeka. Semua cerita itu nanti ada di Gedung Juang ini,” kata Dedi Mulyadi saat datang ke Gedung Juang, Selasa, 26 Maret 2019.

Di lantai dasar Gedung Juang Bekasi terdapat beberapa lukisan sejarah Bekasi. Di lantai dua bangunan ini menjadi sarang kelelawar. Bau tak sedap meruap di sana. Penduduk sekitar Gedung Juang Bekasi tak asing dengan banyaknya kelelawar yang “bermukim” di sana.

Pada salah satu bagian Gedung Juang, ternyata ada bunker yang menghubungkan bangunan ini dengan Stasiun Tambun. Bunker berupa terowongan itu panjangnya diperkirakan mencapai 500 meter. Tempat ini juga menjadi saksi bisu perundingan pertukaran tawanan antara Belanda dengan pejuang kemerdekaan Indonesia.

Pelaksana Tugas Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan pemerintah tak akan mengubah bentuk bangunan Gedung Juang. Saat ini, di dalamnya terdapat peninggalan sejarah Bekasi dari zaman Kerajaan Tarumanegara.

  • Share
-->