Selasa, 9 Juni 2020

Surga Ketenangan Warga Taipei, Taman Nasional Yangmingshan


Finroll – Jakarta, Taman Nasional Yangmingshan di Taipei, Taiwan, telah ditetapkan sebagai ‘taman ketenangan di tengah kota’ yang resmi dan pertama di dunia.

‘Taman ketenangan di tengah kota’ didefinisikan sebagai area alami yang menawarkan suasana tenang bagi penduduk perkotaan.

Taman Nasional Yangmingshan mencakup lahan 11.338 kilometer persegi dan telah memiliki lebih dari 4 juta pengunjung per tahun sejak dibuka pertama kali pada 2011.

Taman nasional ini memiliki pegunungan berhutan, mata air panas, bukit rumput, serta menjadi habitat spesies kupu-kupu dan burung yang spektakuler.

Kabar baik bagi warga yang tinggal di kota, taman nasional ini mudah diakses dengan bus dari Taipei.

Sertifikasi ‘taman ketenangan di tengah kota’ berasal dari pemerintah Taiwan dan Quiet Parks International, organisasi amal nirlaba yang berbasis di Los Angeles.

Taman Nasional Yangmingshan sangat ideal bagi mereka yang suka mendaki atau sekadar piknik di tengah alam bebas.

Gunung berapi yang tak lagi aktif dan tertinggi di Taiwan, Seven Star, berada di kawasan taman nasional ini.

Berbeda dengan taman naional lainnya di Taiwan, ketinggian Taman Nasional Yangmingshan terbilang rendah, sehingga medannya mudah dijangkau.

Setiap tahunnya turis berdatangan ke taman nasional ini untuk menikmati pemandangan musim mekar Bunga Sakura.

CIMB NIAGA

Ada beberapa situs warisan sejarah di sini, salah satunya Grass Mountain Chateau, tempat peristirahatan Chiang Kai-shek, mantan penguasa China pada tahun 1928-1975.

“Dengan hutan yang rimbun dan suara alami burung dan gemericik air saat melalui jalan setapaknya, Yangmingshan adalah negeri ajaib yang dapat membantu membersihkan tubuh kita dan menjernihkan pikiran kita,” kata Laila Fan, pendiri Soundscape Association of Taiwan, seperti yang dikutip dari Lonely Planet pada Senin (8/6).

Hingga 10 tahun ke depan, kota Stockholm, New York, London, Portland, dan 50 kota lainnya di dunia juga bakal memiliki kawasan hijau yang bakal diklaim sebagai ‘taman ketenangan di tengah kota’.

“Kota-kota di seluruh dunia harus mengidentifikasi, melindungi, dan membuat tempat-tempat di alam yang mudah diakses untuk keheningan lahir batin setiap warganya,” kata Ulf Bohman, direktur eksekutif Urban Quiet Parks, QPI.

Sumber : CNN Indonesia

BACAAN TERKAIT