Senin, 21 Januari 2019

Taman Nasional Komodo Akan Ditutup Setahun, Kenapa Ya?


Finroll.com – Taman Nasional (TN) Komodo akan ditutup oleh Pemprov NTT selama setahun untuk kunjungan wisatawan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan populasi komodo dan rusa di wilayah itu.

“Pemerintah NTT akan melakukan penataan terhadap kawasan Taman Nasional Komodo agar lebih baik. Sehingga habitat komodo menjadi lebih berkembang. Kami akan menutup TN Komodo selama satu tahun,” ujar Gubernur NTT, Viktor Laiskodat yang dilansir Antara, Minggu (20/1).

Meski demikian, ia belum menjelaskan lebih lanjut soal waktu penutupan TN Komodo.

Terkait dengan populasi komodo, Viktor menyebut habitat komodo di Kabupaten Manggarai Barat sudah semakin berkurang. Selain itu tubuh kadal raksasa itu kurus, akibat populasi rusa yang menjadi makanan alaminya berkurang cukup drastis.

“Kondisi tubuh komodo tidak sebesar dulu lagi. Karena populasi rusa sebagai makanan utama komodo terus berkurang, karena marak pencurian rusa di kawasan itu,” sambungnya.

Baca Lainnya: Fakta-Fakta Menarik Pulau Sabu, Destinasi Memukau di Nusa Tenggara Timur

Atas hal ini Viktor merasa khawatir, apabila populasi rusa semakin berkurang maka komodo bisa menjadi kanibal untuk mempertahankan hidup.

“Insting sebagai binatang akan muncul, apabila rantai makanan komodo berkurang. Apabila makanan utama melimpah, maka instingnya berbeda,” paparnya.

“Hal itulah yang mendorong pemerintah melakukan penataan kawasan komodo dengan menutup sementara kawasan itu, dari kunjungan wisatawan selama satu tahun,” lanjutnya.

Dalam jangka panjang, penataan kawasan komodo ini dikatakan Viktor sebagai bentuk perlindungan populasi komodo dari kepunahan.

CIMB NIAGA

Baca Lainnya: Goa Batu Cermin, Cerita Masa Lalu Labuan Bajo

Sumber: Berbagai sumber

BACAAN TERKAIT