Jumat, 28 Mei 2021

Taman Kehati, Wadah Pelestarian Flora dan Fauna Indonesia


Indonesia dikenal sebagai salah satu negara biodiversity paling kaya di dunia. Tercatat, sebanyak 10 persen atau lebih dari 25.000 jenis flora dunia terdapat di Indonesia. Sedangkan jenis fauna di Indonesia mencapai lebih dari 200.000 jenis, meliputi mamalia, burung, reptil, hingga serangga.

Namun, pertambahan populasi penduduk dengan meningkatnya aktivitas manusia telah mengakibatkan terjadinya peningkatan permintaan ruang yang bisa mengancam keseimbangan lingkungan. Ketika kualitas lingkungan menurun, ekosistem dan sumber daya alam hayati juga dapat terancam kelestariannya.

Untuk itu, Universitas Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Danone Indonesia melalui Nutricia berkolaborasi menghadirkan taman Kehati Telaga Inspirasi yang berlokasi di kampus IPB Darmaga, Bogor.

Kolaborasi ini bertujuan untuk melestarikan flora dan fauna endemik lokal yang terancam punah, sekaligus membawa misi pemenuhan kebutuhan pangan sehat dan akses air bersih bagi sivitas akademik IPB, serta sebagai pusat edukasi, inspirasi, dan inovasi bagi banyak pihak.

“Biodiversitas atau Kehati merupakan salah satu elemen penting terkait dengan daya dukung lingkungan. Sifatnya yang renewable menjadi keunggulan keanekaragaman hayati, juga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai sumber daya yang penting bagi pembangunan nasional,” ungkap Asep Sugiharta, Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara daring, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, upaya kolektif ini sebagai keberlanjutan keanekaragaman hayati, yang merupakan alternatif efektif memulihkan ekosistem, meningkatkan keanekaragaman hayati lokal, dan mendukung konservasi flora dan fauna di luar kawasan hutan.

Connie Ang, CEO of Danone Specialized Nutrition Indonesia, mengungkap Taman Kehati adalah bagian dari melestarikan dan memperbarui sumber daya air. Tak hanya itu, Taman Kehati juga dapat memperbarui sumber daya darat.

“Hal ini sejalan dengan visi “One Planet, One Health”, untuk membawa kesehatan ke masyarakat melalui nutrisi dan hidrasi sehat,” ungkap Connie Ang.

Sumber : suara.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT