Connect with us

Traveling

UNESCO Menobatkan Kaldera Toba Sebagai Taman Bumi Dunia

Published

on


Finroll – Jakarta, Kaldera Toba ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (Taman Bumi Dunia) pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis, Selasa (2/7).

Sebelum Kaldera Toba, Indonesia telah memiliki empat situs UNESCO Global Geopark lainnya, yakni, Batur, Cileteuh, Gunung Sewu, dan Rinjani.

Kaldera Toba berhasil masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV di Lombok, Indonesia, pada 31 Agustus-2 September 2019.

Pemerintah Indonesia telah berhasil meyakinkan UNESCO bahwa Kaldera Toba memiliki kaitan geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat lokal khususnya dalam hal budaya dan keanekaragaman hayati.

Dalam konteks inilah, negara anggota UNESCO mendukung Kaldera Toba dilestarikan dan dilindungi sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark.

Penetapan Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark memberikan kesempatan pengembangan perekonomian dan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

“Melalui penetapan ini, Indonesia dapat mengembangkan geopark Kaldera Toba melalui jaringan Global Geoparks Network dan Asia Pacific Geoparks Network khususnya dalam kaitan pemberdayaan masyarakat lokal,” tutur Duta Besar RI untuk UNESCO, Arrmanatha Nasir, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (8/7).

“Terbuka juga peluang bagi masyarakat setempat untuk promosi budaya, produk lokal serta penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih luas,” lanjutnya.

Penetapan Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark, merupakan proses panjang dari upaya bersama berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah Pusat dan daerah maupun masyarakat setempat yang tinggal di kawasan danau Toba.

“Proses persiapan untuk mendapatkan pengakuan UNESCO bagi Kaldera Toba, menunjukkan komitmen tinggi dan kerja sama yang baik dari semua pihak di Indonesia sejak awal proses, dari pengumpulan data, menyelenggarakan berbagai workshop, penyusunan dan negosiasi dokumen nominasi untuk diajukan ke UNESCO,” kata Arrmanatha.

Kaldera Toba, Provinsi Sumatera Utara terbentuk dari ledakan super vulkanik 74.000 tahun lalu. Dasar kaldera tersebut dipenuhi dengan air dan menjadi danau terbesar di Indonesia.

Keindahan Kaldera Toba dan kekayaan budaya yang dimiliki menjadikan Danau Toba sebagai salah satu tujuan wisata andalan Indonesia yang masuk dalam daftar 10 Bali Baru.

Selain Kaldera Toba, Indonesia juga memiliki banyak kekayaan alam dan budaya yang masuk dalam daftar UNESCO, antara lain 10 warisan budaya tak benda, 9 situs warisan budaya dan alam, serta 16 cagar biosfer.

Sumber : CNN Indonesia

Advertisement

Traveling

Selain Wisata Religi, Ini yang Akan Hadir di New Masjid Istiqlal

Published

on

Masjid Istiqlal

Finroll.com – Pasca usai direnovasi, Masjid Istiqlal tampil lebih megah. Tak hanya itu, masjid yang disebut sebagai Istiqlal baru itu akan melakukan rebranding dengan konsep baru.
Setelah beberapa tahun direnovasi, Masjid Istiqlal mulai kembali bersolek di bulan Januari lalu. Tak hanya interior dan eksterior, sejumlah besar rencana telah dipersiapkan untuk masjid yang disebut terbesar di Asia Tenggara ini.

Salah satunya datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Seperti diketahui, pihak Kemenparekraf yang diwakili oleh Menparekraf Sandiaga Uno telah meneken kerjasama dengan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI).

Dilangsungkan pada hari Rabu kemarin (5/5), Sandiaga bersama Badan Pengelola Masjid Istiqlal yang dihadiri oleh Imam Masjid Besar Istiqlal / Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Bapak Prof KH Nasaruddin Umar, melakukan penandatanganan MoU (nota kesepahaman) wujud kolaborasi dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Beberapa hal yang digarisbawahi dalam kerjasama yang terkait dengan pengembangan Masjid Istiqlal sebagai destinasi wisata dengan toleransi dan persatuan bangsa.

Masjid Istiqlal 1

“Dalam perkembangannya, masjid tak hanya mengambil peran sebagai sarana peribadatan umat Islam, tetapi lebih jauh yakni sebagai simbol toleransi dan persatuan bangsa, sarana dakwah, pendidikan, pertukaran informasi, serta pengembangan sosial ekonomi masyarakat secara lebih luas,” ucap Sandiaga dalam laman Instagram.

Menilik ke belakang, Masjid Istiqlal lahir dari itu. Di mana hal itu tampak dari sang arsitek masjid yang merupakan seorang Kristen bernama Friedrich Silaban.

Selain itu, Masjid Istiqlal akan menjadi pusat penelitian dan kajian di bidang pariwisata ramah muslim (muslim friendly tourism) dan produk ekonomi kreatif halal. Nantinya, pengunjung juga bisa belanja aneka produk UMKM dan kuliner yang terjamin halal.

Salah satu bentuk dukungan terhadap peran masjid tersebut yaitu melalui pemanfaatan aktivitas pariwisata dan ekonomi di dalamnya, tambah Sandiaga.

Walau telah dibuka untuk umum, nyatanya Masjid Istiqlal masih melakukan prosentase di tengah pandemi. Diketahui, selama bulan Ramadhan hanya ada kegiatan Salat Fardu serta Shalat Tarawih saja di sana.

Hanya akibat pandemi, agaknya kegiatan Itikaf tahun ini tak dapat dilangsungkan. “Iya. Tidak ada Itikaf di Istiqlal, ”ujar Jubir Masjid Istiqlal, Nur Khayin kepada detikcom, Sabtu lalu (1/5).

Namun, wisatawan tentu tetap dapat menikmati keindahan Masjid Istiqlal hingga melakukan salat di sana.

Sumber: travel.detik.com
Continue Reading

Kuliner

Sawaregmoe Resto

Published

on

finroll_sawaregmoe_resto

Resto ini mempunyai pilihan menu / lauknya ada banyak (ada ayam goreng serai, ayam serundeng, ayam asap rempah, bebek asap serundeng, bebek asap taliwang, daging sapi asap, dendeng asap balado,lidah sapi asap)

sudah termasuk pilihan sayur yang mau dipesan seperti : tumis kecipir,tumis buncis bawang putih,tumis daun pucuk labu,dan oseng toge)

sambalnya juga ada banyak pilihan (sambal bawang,terasi,matah,kecomrang,hijau dan kecap)

Resto ini juga terkenal dengan minumannya  ES KEMBANG DESA (perpaduan jus nanas,jeruk,lemon dan kecombrang)

disini juga ada menu baru aneka macam pasta cuma 30ribuan saja, paket hemat lainnya juga ada start dari 30ribuan aja uda bisa makan kenyang

Continue Reading

Traveling

Kasus Covid-19 Impor Melonjak, Nepal Tangguhkan Penerbangan Domestik dan Internasional

Published

on

Kasus positif Covid-19 yang melonjak di Nepal memaksa otoritas setempat mengambil kebijakan agresif. Pemerintah mengumumkan penghentian semua penerbangan domestik dan internasional di negara itu. Penerbangan domestik dihentikan mulai Minggu tengah malam, 2 April 2021, sedangkan penangguhan penerbangan internasional akan dimulai pada Rabu, 5 April 2021, tengah malam.

Melansir dari laman independent.co.uk, Selasa (4/5/2021), hal tersebut merupakan respons dari kemarahan publik atas gelombang baru infeksi virus corona baru yang meningkat di Nepal. Banyak orang menyalahkan wisatawan dari India dan negara lain yang terdampak krisis pandemi covid-19, serta ketidakmampuan pemerintah dalam menangani pandemi dan demonstrasi politik besar-besaran.

Akibat tsunami Covid-19 India, orang-orang dari beberapa negara bagian India berbondong-bondong datang ke Nepal melalui jalur darat dan udara. Beberapa di antaranya merupakan pekerja migran Nepal yang pulang dan lainnya bertujuan untuk melanjutkan perjalanan ke negara ketiga.

Pekan lalu, Nepal juga telah membuat kebijakan serupa dengan melarang perjalanan ke negara ketiga melalui negaranya. Tak hanya itu, Nepal turut memberlakukan lockdown selama dua minggu di beberapa kota, menutup sekolah, perguruan tinggi, pabrik, klub malam, teater dan melarang pertemuan publik.

Tetapi, langkah itu kurang efektif menekan lonjakan infeksi covid-19. Kota-kota padat penduduk di Nepal, termasuk Kathmandu dan daerah metropolitan yang berbatasan dengan India di barat daya, masih memiliki angka infeksi yang tinggi.

Sejak pertengahan April 2021, jumlah infeksi yang dilaporkan Nepal meningkat pesat. Semula rata-rata kasus harian kurang dari 100 menjadi lebih dari 4.500 kasus pada Sabtu, 1 Mei 2021. Angka itu mendorong total kasus pandemi menjadi lebih dari 328.000 kasus. Berdasarkan data dari proyek Our World in Data di Universitas Oxford, pada Minggu, 2 April 2021, Nepal telah melaporkan 7.211 kasus baru.

3 Anggota Kabinet Terpapar

Imbas lonjakan kasus Covid-19, tiga anggota kabinet terpapar dan kini dirawat di rumah sakit. Pemerintah Nepal juga tengah berjuang mengatur impor oksigen dan tempat tidur rumah sakit.

Pakar kesehatan telah mengaitkan gelombang kedua Nepal sebagai bagian dari arus pekerja migran yang tidak terkendali dari India dan demonstrasi politik besar yang diorganisir oleh Partai Komunis Nepal yang berkuasa dan partai oposisi lainnya yang bertujuan untuk menunjukkan kekuatan selama pandemi.

Keputusan untuk menghentikan semua penerbangan datang setelah pertemuan Dewan Menteri pemerintah. Keputusan itu dikonfirmasi oleh Menteri luar negeri Nepal Pradeep Gyawali kepada The Rising Nepal, surat kabar yang dikelola pemerintah.

Walaupun penerbangan domestik dan internasional ditangguhkan, menurut akun di outlet berita Nepal, Nepal masih memperbolehkan penerbangan kargo sewaan untuk terbang. Kebijakan ini merupakan kali kedua bagi Nepal untuk menangguhkan penerbangan internasionalnya sebagai respons atas pandemi. Pada April 2020 lalu, maskapai telah menghentikan penerbangan internasionalnya selama lebih dari lima bulan.

Sumber : Liputan6.com

Continue Reading

Trending