Connect with us

BrandzView

Yamaha Rancang Konsep Motor Peminum Air Gantikan Bensin

Published

on


Yamaha XT500 H20. (Dok. Yamaha).

Finroll.com, Jakarta –  Yamaha merancang konsep sepeda motor XT500 H20 yang mampu bergerak mengandalkan air. Konsep ini adalah imajinasi Yamaha pada masa depan motor enduro XT 500 yang diproduksi 1976-1989.

Autoevolution menjelaskan pembuat konsep ini adalah desainer industrial Maxime Lefebvre yang memulai pekerjaannya pada 2016. Setelah berdiskusi banyak dengan tim desain Yamaha, Lefebvre memilih membuat motor yang menjadikan air seperti bahan bakar.

Tidak ada penjelasan spesifik soal kerja sistem air ini. Namun diprediksi cara kerjanya mengandalkan semprotan air bertekanan tinggi.

Jika sistem air ini bisa menggerakkan roda ada kemungkinan suara yang dihasilkan sangat tenang. Kemudian jika mengingat motor ini bekerja mengandalkan air sudah pasti ramah lingkungan.

XT 500 merupakan motor bermesin 4-tak 1-silinder 500 cc yang mampu dikebut hingga 132 km per jam. Pada masanya motor ini dikenal sangat bandel karena tahan banting dan perawatannya mudah.

Salah satu fitur pada motor ini yakni ukuran ban depan lebih besar 3 inci dari ban belakang sehingga memudahkan mengarungi medan off road.

Lefebvre membuat bodi XT500 H20 futuristis dengan kombinasi warna yang melambangkan masa depan dan ramah lingkungan yaitu biru dan putih.

Sejauh ini konsep XT500 H20 diketahui cuma sebatas karya di atas kertas. Belum ada pernyataan Yamaha tentang rencana produksi motor yang mungkin jadi fenomenal dalam dunia otomotif ini.

Sumber : CNN Indonesia

BrandzView

Super Air Jet, Maskapai Baru Berbiaya Murah yang Sasar Millenial

Published

on

By

Bisnis penerbangan Tanah Air kedatangan pemain baru seiring diperkenalkannya maskapai penerbangan baru bernama Super Air Jet yang akan mengudara dalam waktu dekat ini.

Maskapai atau airline tersebut dipimpin oleh seorang Direktur Utama (Chief Executive Officer) bernama Ari Azhari. Dalam keterangannya, Ari Azhari menjelaskan, Fokus utama maskapai ini adalah menawarkan konsep berbiaya rendah alias low cost carrier (LCC).

Praktis kehadiran Super Air Jet bakal mewarnai dinamika persaingan LCC di Indonesia yang selama ini sudah diramaikan sejumlah maskapai.

Segmentasi pasar LCC di langit Nusantara sudah lebih dulu digeluti oleh beberapa airline seperti Citilink (Garuda Indonesia Group), AirAsia Indonesia, serta Lion Group melalui Lion Air dan Wings Air.

Ari Azhari bilang, saat ini Super Air Jet bersiap untuk lepas landas melalui berbagai tahapan dan prosedur yang dibutuhkan. Persiapan tersebut mengacu berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam rangka mempersiapkan penerbangan perdana, yang dijadwalkan dalam waktu dekat.

“Super Air Jet didirikan atas dasar optimis bahwa peluang pasar khususnya kebutuhan penerbangan dalam negeri (domestik Indonesia) masih ada dan terbuka luas, ada permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (3/5/2021).

Menurutnya, hal ini sesuai dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan, sehingga angkutan udara dalam upaya mobilitas orang dan barang sangat dibutuhkan, sejalan konektivitas antar wilayah agar saling terhubung dan tercipta dengan baik.

“Super Air Jet didesain dan dipersiapkan agar memungkinkan banyak orang (penumpang) untuk bisa bepergian menggunakan pesawat udara tujuan wisata, pendidikan, pebisnis muda dan mengunjungi ke berbagai kota tujuan favorit,” ungkapnya.

Super Air Jet sasar milenial di rute favorit

Maskapai LCC pendatang baru ini menawarkan layanan dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional.

“Pada tahap awal, Super Air Jet akan mengoperasikan armada generasi terbaru yaitu Airbus A320- 200 yang berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi, yang nyaman di kelasnya, tempat duduk ergonomis,” ungkap Ari Azhari.

Dari faktor demografis, Super Air Jet akan berada pada kalangan muda atau milenial. Dikatakan, generasi milenial menjadi fokus utama perusahaan guna mengakomodir segmen perjalanan udara mengalami pertumbuhan paling cepat di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

“Super Air Jet telah melihat peluang di era kekinian saat ini hingga mendatang, menegaskan bahwa loyalitas generasi lebih muda hanya akan didapatkan melalui pengalaman (experience),” ucapnya.

Peluang tersebut ditangkap perusahaan melalui sejumlah pertimbangan generasi muda sebagai berikut:

Kecenderungan dan pertimbangan dari perkembangan teknologi yang pesat, dengan demikian anak-anak muda lebih mementingkan pengalaman langsung.

– Berkeinginan untuk mengunjungi langsung ke kota-kota yang menawarkan pengalaman tersendiri.

– Tertarik untuk menggali berbagai atraksi atau mengeksplor keindahan suatu tempat, khususnya objek wisata dan sangat berkesan pada hal unik.
Anak-anak muda mayoritas telah memiliki penghasilan sendiri dan dapat mengelola keuangannya, sehingga mampu menyisihkan banyak bujet (anggaran) untuk perjalanan.

– Setiap pilihan untuk terbang pasti sudah dipertimbangkan.

“Oleh karena itu, Super Air Jet akan menjadi rekomendasi bagi wisatawan dan pebisnis generasi muda. Segmen “kawula muda” akan terus tumbuh pesat dan Super Air Jet bersiap untuk meraih pasar itu melalui konsep “super cost” yakni menawarkan layanan maskapai berbiaya paling hemat, sehingga lebih terjangkau,” ujarnya.

Maskapai asli Indonesia tanpa modal asing

Kehadiran maskapai baru ini memunculkan pertanyaan mengenai siapa sosok di balik Super Air Jet mencuat. Ari Azhari juga sempat buka suara mengenai sejarah berdirinya maskapai Super Air Jet yang diperkenalkan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Ari Azhari menjelaskan bahwa Super Air Jet didirikan pada Maret 2021. Maskapai ini telah memiliki kode penerbangan “IU” dari IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional) dan “SJV” dari ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional).

“Super Air Jet merupakan maskapai penerbangan swasta baru kategori layanan pengangkutan penumpang berjadwal harian yang berasal dari Indonesia dan sepenuhnya dimiliki atas penyertaan modal orang lokal (dalam negeri),” ungkapnya.

Dengan begitu, Super Air Jet didirikan dengan 100 persen modal dalam negeri. Ini artinya pendirian Super Air Jet dilakukan tanpa suntikan modal dari luar negeri atau modal asing.

Orang-orang di balik operasional Super Air Jet juga bukan orang baru pada bisnis penerbangan Indonesia. Ari Azhari sendiri tercatat pernah memegang jabatan penting di maskapai Lion Air sebagai General Manager Service Lion Group.

Tak ayal, maskapai ini santer dikaitkan dengan Lion Group, hingga bos Lion Air Rusdi Kirana disebut-sebut sebagai sosok yang mendirikan sekaligus pemilik Super Air Jet.

Kendati begitu rupanya Super Air Jet bukan bagian maupun anak usaha dari Lion Group. Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com menyebut bahwa Super Air Jet berbeda atau terpisah dengan Lion Group.

Hanya saja, ketika ditanya apakah Super Air Jet dimodali Rusdi Kirana, Danang belum memberikan jawaban hingga tulisan ini disusun.

Yang jelas, Ari Azhari dalam keterangannya sempat mengulas mengenai adanya sumber daya manusia (SDM) yang berpengalaman puluhan tahun dalam pengoperasian Super Air Jet.

“Super Air Jet didirikan oleh praktisi yang telah memiliki pengalaman dalam mengelola dan menjalankan operasional penerbangan serta didukung sumber daya manusia (SDM) memenuhi standar kualifikasi, sehingga mampu dan menguasai bidang tugas sesuai profesinya,” tegasnya.

“Super Air Jet telah melakukan standarisasi pelatihan bagi manajemen, seluruh awak pesawat, karyawan agar semakin meningkatkan keamanan dan pelayanan kepada para penumpang mendatang,” sambungnya.

Continue Reading

BrandzView

Realme X50 Pro, Gawai High End untuk Hiburan Modern

Published

on

Di bulan Maret tahun 2020 kemarin, Realme secara resmi meluncurkan Realme X50 Pro ke pasar global. Di Indonesia, smartphone ini hadir pada tanggal 25 Agustus 2020. Bagi Anda yang membutuhkan smartphone berkelas premium, tentunya peluncuran gawai ini sangatlah dinantikan. Dengan harga 12 jutaan, smartphone Realme terbaru ini memang menawarkan spesifikasi yang sangat menjanjikan. Berikut adalah ulasan spesifikasi serta kelebihan dari Realme X50 Pro yang menarik untuk dikupas.

1. Body dan Display

Dari segi penampilan, Realme X50 Pro hadir dengan tampilan warna solid yang terlihat berkelas. Bagian punggung smartphone yang terbuat dari kaca membuat penampilannya menjadi semakin terlihat mewah. Smartphone Realme ini mengusung body berukuran 159 x 7.42 dengan dimensi ketebalan 8.9 mm. Layar smartphone ini terdiri dari panel Super AMOLED seluas 6.44 inch beresolusi 1080 x 2400 pixel. Desain notch kamera depan berbentuk punchhole membuat layar smartphone Realme ini jadi terlihat semakin lapang. Untuk perlindungan layar dari goresan, Realme membekali gawai terbarunya ini dengan lapisan Corning Gorilla Glass terbaru. Smartphone ini hadir dengan 2 variasi warna yang elegan, yaitu Moss Green dan Rust Red.

2. Dapur Pacu

Sebagai salah satu smartphone high-end yang diluncurkan Realme, tentunya Anda memilki ekspektasi yang cukup tinggi dari segi dapur pacu. Realme X50 Pro dibekali dengan chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865. Kemampuan chipset tersebut dalam memproses data juga diperkuat dengan prosesor Octa-core yang membuat kinerja komponen menjadi lebih efisien. Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan kartu grafis Adreno 650 yang berfungsi untuk mengolah data grafis.

3. Kapasitas Memori

Untuk mendukung aktivitas Anda dalam membuka aplikasi favorit, Realme X50 Pro mengusung 2 variasi kapasitas RAM, yaitu RAM 6 GB dan 8 GB. Untuk penyimpanan memori internal pun, smartphone Realme ini menyediakan ruang yang sangat melegakan. Anda dapat memilih variasi memori internal sebesar 128 GB dan 256 GB.

4. Dukungan Fitur Kamera

Untuk sektor kamera belakang, smartphone Realme X50 Pro ini mengusung Quad-camera. 4 lensa kamera tersebut adalah lensa kamera utama beresolusi 64 MP yang didukung dengan lensa telephoto beresolusi 12 MP, lensa ultrawide beresolusi 8 MP, dan lensa depth yang memiliki resolusi 2 MP. Pada bagian kamera depan, smartphone Realme ini mengusung 2 lensa kamera, yaitu: lensa 32 MP dan 8 MP. Untuk perekaman video, lensa kamera belakang mampu merekam video dengan kualitas 4K. Sedangkan, bagian kamera depan menawarkan resolusi HDR.

5. Kapasitas Baterai
Dari segi dukungan baterai, Realme X50 Pro hadir dengan kapasitas sebesar 4200 mAh. Kapasitas baterai yang cukup besar tersebut juga didukung dengan kemampuan Fast Charging berteknologi SuperDart Flash Charge. Dengan daya output mencapai 65W, memungkinkan pengisian daya menjadi 100% penuh dalam waktu 35 menit.

Kelebihan Realme X50 Pro

Ulasan singkat spesifikasi di atas tentunya dapat memberikan Anda gambaran tentang kualitas yang ditawarkan Realme X50 Pro. Ulasan kelebihan Realme X50 Pro berikut ini menjadi alasan mengapa perangkat ini layak dinobatkan sebagai smartphone flagship Realme terbaik:

1. Tampilan Layar Super AMOLED

Salah satu keunggulan yang paling dibanggakan dari seri Realme X50 Pro terbaru ini adalah panel layarnya. Smartphone dari Realme ini mengusung layar tipe Super AMOLED seluas 6.44 inch yang menghadirkan kualitas visual yang memuaskan. Panel layar tersebut menghasilkan kekayaan kontras warna yang lebih berwarna, jernih, dan tajam. Hal tersebut membuat Anda dapat menikmati kualitas resolusi grafis bersertifikasi HDR 10+ yang sangat memanjakan mata.

Dengan panel layar yang mumpuni tersebut, seluruh aktivitas hiburan yang Anda lakukan pun akan semakin terasa memuaskan. Anda dapat bermain game dengan kualitas grafis tertinggi maupun menonton film-film Netflix dan Amazon Prime dengan kualitas HD. Ditambah lagi, dengan adanya perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang membuat layar smartphone ini menjadi awet dan terlindung dari goresan maupun benturan.

2. Kemampuan Refresh Rate yang Mencapai 90 Hz

Tidak hanya memanjakan para penikmat film, Realme X50 Pro juga hadir untuk memuaskan keinginan bermain para gamer. Layar smartphone ini memiliki kemampuan laju penyegaran yang mencapai 90 Hz. Dengan kemampuan refresh rate secepat itu, Anda dapat bermain aneka macam mobile games seru dengan kapasitas grafis seberat apapun dengan lancar. Tidak hanya mendukung refresh rate 90 Hz, sampling touch rate yang dimiliki smartphone Realme ini pun patut diacungi jempol. Seri Realme X50 Pro ini hadir dengan sampling touch rate sebesar 180 Hz. Tingginya sensor sentuh tersebut membuat smartphone ini sangat responsif terhadap sentuhan jari. Sehingga, aktivitas bermain game dengan smartphone ini pun akan terasa semakin menyenangkan.

3. Dukungan Quad- Camera Manjakan Pencinta Fotografi

Fitur Quad-camera yang diusung Realme X50 Pro ini pun menjadi salah satu poin yang membuat perangkat ini sangatlah unggulan. Tak tanggung-tanggung, lensa kamera utama yang disematkan pada bagian punggung gawai ini memiliki resolusi 64 MP. Selain itu, hasil fotografi Anda akan terlihat semakin luas dan memuaskan berkat sokongan lensa Ultra Wide beresolusi 8 MP. Kedalaman dan detail foto yang dihasilkan pun terlihat maksimal berkat dukungan lensa telephoto dan sensor depth.

Realme juga mempersenjatai seri X50 Pro ini dengan fitur-fitur fotografi yang menarik. Salah satunya adalah fitur AI Color. Fitur tersebut dapat membantu meningkatkan rentang dinamis dan saturasi warna dari objek yang akan Anda potret. Fitur Nightscape 3.0 juga memungkinkan Anda untuk memperoleh hasil foto yang tetap tajam dan detail walaupun saat malam hari sekalipun. Anda juga bisa mengaktifkan fitur Tripod Mode. Mode ini akan aktif jika Anda memasangkan smartphone Realme ini pada tripod. Namun, perlu diperhatikan bahwa ponsel tersebut harus dalam kondisi diam selama 50 detik untuk mendapatkan kualitas foto malam yang memuaskan.

4. Perekaman Video yang Memuaskan
Selain untuk kebutuhan fotografi, Anda juga dapat memperoleh kualitas perekaman video yang menarik. Kamera gawai Realme ini mengusung fitur pemutaran video dengan resolusi 4K dengan kemampuan frame rate mencapai 30 hingga 60 fps. Tak hanya itu, adanya fitur “Ultra Steady” pada perangkat ini juga memudahkan Anda memperoleh kualitas video yang stabil dan minim goncangan. Tidak hanya bagian kamera belakang saja, kualitas perekaman video dengan kamera depan pada smartphone ini juga sangat memuaskan. 2 lensa kamera selfie ini mengusung resolusi 32 MP dan 8 MP. Hasil perekaman video dengan menggunakan kamera depan tersebut mampu memberikan kualitas video beresolusi HDR yang sangat memuaskan.

5. Performa Chipset Snapdragon Tangguh untuk Kebutuhan Gaming
Sebagai smartphone flagship terbaik dari Realme, X50 Pro menawarkan performa mesin yang sangat mengagumkan. Hal tersebut berkat dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 865 terbaru. Chipset ini dikenal sangatlah bertenaga dan mampu mengolah data secara optimal. Performa dari chipset ini bahkan setingkat di bawah prosesor Snapdragon 865+ yang disematkan pada seri ASUS ROG Phone 3. Tak mengherankan, banyak gamers yang rela menabung untuk memiliki smartphone Realme X50 Pro ini.

Kecepatan performa Realme X50 Pro sudah teruji lewat hasil uji benchmark dari AnTuTu 8. Berdasarkan data tersebut, Realme X50 Pro memiliki poin sebesar 592447. Poin tersebut membawa smartphone ini berada di bawa Oppo Find X2 Pro dan di atas Samsung Galaxy S20. Performa chipset Snapdragon yang tertanamkan di dalam perangkat ini juga didukung dengan kartu grafis Adreno 650. Anda juga akan semakin nyaman bermain game berjam-jam tanpa perlu khawatir gawai ini menjadi panas dan mengakibatkan kinerja smartphone menjadi lambat. Karena, Realme X50 Pro ini dibekali dengan sistem pendingin Vapor Cooling System. Fitur pendingin tersebut membantu menjaga agar mesin smartphone tetap dingin. Sehingga, resiko overheating pun dapat dihindari.

6. Dukungan Audio Memuaskan dari Dolby Atmos

Realme X50 Pro menawarkan audio system yang sangat mumpuni untuk membuat aktivitas hiburan Anda terasa semakin memuaskan. Baik aktivitas bermain mobile games maupun streaming film-film terbaru dari Netflix, pengalaman Anda akan terasa semakin imersif. Realme menyematkan 2 buah speaker pada bagian atas dan bawah piranti. Speaker tersebut sudah mengantongi sertifikasi Dolby Atmos yang menjamin kualitasnya. Tak hanya itu, Realme juga menerapkan fitur 1216 Super Linear yang memungkinkan jangkauan suara speaker ini menjadi lebih luas. Sehingga, sangatlah ideal bagi Anda yang sedang marathon film bersama dengan keluarga atau teman-teman.

7. Fitur SuperDart Flash Charge untuk Pengisian Daya Kilat

Dari segi kapasitas baterai, Realme X50 Pro menawarkan baterai berdaya 4200 mAh yang cukup mumpuni. Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi gaming maupun streaming film tanpa perlu khawatir penggunaan daya baterai menjadi boros. Untuk aktivitas berselancar di jagat internet saja misalnya, baterai smartphone ini mampu bertahan hingga kurang lebih 13 jam. Untuk aktivitas menonton video di YouTube atau aplikasi streaming lainnya, baterai smartphone ini mampu bertahan selama kurang lebih 17 jam. Pengisian daya baterai ini pun berlangsung sangat cepat berkat dukungan SuperDart Flash Charge. Fitur yang berdaya output 65W ini mampu mengisi daya baterai hingga penuh dalam jangka waktu 35 menit saja.

8. Kapasitas RAM dan Memori Internal yang Melegakan
Untuk mendukung kinerja perangkat, Realme X50 Pro memiliki 2 variasi RAM yang bisa Anda pilih. Variasi RAM tersebut adalah RAM 6 GB dan 8 GB. Dengan kapasitas RAM sebesar itu, smartphone ini mampu menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Sehingga, sangatlah ideal bagi Anda yang harus bermultitasking. Tak hanya itu, aktivitas gaming dengan spek berat sekalipun terasa sangat ringan. Untuk memori internal pun, smartphone ini mengusung kapasitas yang melegakan. Anda dapat memilih variasi memori internal seluas 128 GB atau 256 GB. Karena kapasitas memori internal pada gawai ini sudah besar, Realme X50 Pro tidak menyediakan slot untuk kartu microSD.

Realme X50 Pro memang merupakan smartphone flagship unggulan dari Realme. Kelebihan yang dimiliki gawai ini, mulai dari tipe dan luas layar, desain, hingga dari segi dapur pacu dijamin akan sangat memuaskan Anda. Sehingga, tidaklah mengherankan jika smartphone ini dilepas dengan kisaran harga 12 juta. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memiliki smartphone canggih ini?

(adv)

Continue Reading

BrandzView

Pizzapedia Hadirkan Konsep Pizza Custom Pertama di Indonesia

Published

on

Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan penganan asal Italia satu ini? Bentuknya yang bundar sempurna, bertabur saus dan berbagai macam topping, serta tekstur krispi di bagian pinggirnya, pizza menjadi salah satu menu populer yang kini semakin mudah didapatkan. Jika dulu restoran pizza masih didominasi oleh satu atau dua merek, kini restoran pizza kian menjamur.

Persaingan pun kian meningkat ketika banyak restoran pizza lokal yang menghadirkan menu-menu yang unik, yang tidak bisa didapatkan di restoran pizza lainnya
Apalagi ketika zaman sudah berubah, di mana kini generasi millenial dan gen-z haus akan sesuatu yang unik dan tidak biasa. Pelaku bisnis F&B ditantang untuk tidak hanya menyajikan menu-menu yang nikmat, tapi juga mampu memberikan pengalaman bersantap yang istimewa.

Pizzapedia Bebaskan Customer Berkreasi

Melirik adanya kesempatan untuk tampil beda, Pizzapedia lahir dengan membawa konsep ‘customizable pizza’ atau pizza yang bisa dimodifikasi sendiri sesuai dengan selera penikmatnya.

Saskia Mayangsari yang merupakan Founder Pizzapedia menuturkan bahwa setiap orang memiliki preferensinya masing-masing akan saus dan topping pizza yang disukainya.

“Sejauh ini, belum ada restoran pizza yang mampu mengakomodir keinginan customer untuk mengkreasikan pizza-nya sendiri. Di Pizzapedia, kami memberikan kebebasan kepada setiap customer untuk memilih topping dan saus kesukaannya,” tambah Saskia.

Meski begitu, kami juga membantu untuk mencocokkan pilihan topping dan saus, sehingga pizza kreasi customer memiliki cita rasa yang optimal. Melalui konsep yang segar dan baru ini, Pizzapedia berharap para customer bisa bebas berkreasi menciptakan berbagai varian pizza buatan mereka sendiri.” tutur Saskia.

Tidak hanya menawarkan konsep pizza custom pertama di Indonesia. Pizzapedia juga menjamin bahwa menu-menu yang disajikan memiliki harga yang bersaing, hingga siapapun bisa merasakan pengalaman spesial berkreasi dengan pizza-nya, atau menyantap berbagai sajian menu khas Italia dengan rasa yang otentik.

Tawarkan Berbagai Promo Diskon dan Kesempatan Waralaba
Pekan ini, Pizzapedia resmi melakukan grand opening secara virtual. Alih-alih mengundang banyak orang untuk memeriahkan grand opening tersebut, Pizzapedia hanya akan menyiarkannya melalui Instagram Live akun @pizzapedia_id. Hal ini merupakan bukti dukungan Pizzapedia terhadap upaya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sedang digalakkan pemerintah.

Meski baru melakukan grand opening pekan ini, Pizzapedia sudah mulai gencar menawarkan berbagai promo diskon menarik di laman Instagram-nya (@pizzapedia_id). Mulai dari seloyang besar pizza yang dibandrol dengan harga Rp 50.000, sampai promo ‘Pasta Day’, di mana setiap hari Senin pengunjung bisa menikmati seporsi pasta hanya dengan harga Rp 50.000-an saja. Berbagai promo tersebut tidak hanya bisa dinikmati dengan pembelian di tempat (dine-in atau takeaway), tapi juga tersedia untuk pemesanan melalui fitur aplikasi order online seperti GrabFood dan GoFood.

Reporter : Arini Puji Astuti

Continue Reading

Trending